People Innovation Excellence

PERMODELAN DINAMIKA KENDARAAN DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN

Cosmos Owen Cendikia | Yansen Armandau

ABSTRAK

Membuat suatu kendaraan autonom yang dapat bergerak tanpa pengemudi adalah tujuan para pengembang teknologi yang berharap dapat bermanfaat dimasa yang akan datang. Untuk mewujudkan sistem seperti ini dibutuhkan model dinamis dari suatu kendaraan yang dapat kita modelkan dengan menggunakan beberapa metode seperti persamaan diferensial tetapi dengan kendala yang muncul seperti faktor non linier dan waktu, maka mendorong kita untuk menggunakan metode lain sebagai alternatif, dalam penelitian ini digunakan Jaringan Syaraf Tiruan untuk menanggulangi kendala yang muncul pada permodelan dinamis kendaraan dengan menggunakan data input dari sensor kamera sebagai data pelatihan Jaringan Syaraf Tiruan, penelitian ini mencoba merancang Jaringan Syaraf Tiruan untuk memprediksi next state dari suatu kendaraan. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Jaringan Syaraf Tiruan mampu memodelkan dinamika suatu kendaraan miniatur walaupun masih terdapat error pada hasil, ini dapat diatasi dengan terus melakukan pelatihan kepada Jaringan Syaraf Tiruan.

Kata Kunci : Jaringan Syaraf Tiruan, Dinamika, Kendaraan

POSTER :

POSTER


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close