People Innovation Excellence

Harvesting Energy by Using Piezoelectric

Andrew Tanamas, Lilianto, Yan Adhi Wiranata  

ABSTRAK

Piezoelectric sangat berpotensi untuk digunakan sebagai sumber energi alternatif. Selain mudah diaplikasikan, piezoelectric juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Dalam penelitian ini, jenis piezoelectric yang digunakan adalah PZT (Lead Zirconate Titanate) yang terbuat dari bahan dasar keramik. Yang diteliti dalam percobaan ini adalah bagaimana piezo dapat menghasilkan energi listrik dan bagaimana cara menyimpan energi tersebut ke dalam sebuah rechargeable storage. Dalam penilitian ini rechargeable storage yang digunakan adalah supercapacitor. Dari penelitian ini didapat efisiensi tegangan output dengan tegangan input dari piezoelectric sebesar 25,76%. Untuk penelitian lebih lanjut, dapat digunakan rechargeable storage lain yang lebih praktis seperti power bank agar daya yang dihasilkan dapat lebih praktis untuk digunakan dan memodifikasi rangkaian DC to DC converter yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi yang didapat.

Kata kunci:  Piezoelectric, energi, PZT.

POSTER :

final english


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close