People Innovation Excellence

Sistem Penyiram Tanaman Otomatis

Dibuat Oleh :

Rionaldy Ananto Triantoro 1901473546
Kendry 1901471143

Dalam alat ini, terdapat 3 komponen utama yaitu YL-69 Soil Moisture Sensor, IC TLC555 timer, dan IC SN74HC02 NOR Gate.
Alat ini bekerja berdasarkan dua jenis input. Input pertama, terdapat input dari YL-69 Soil Moisture Sensor yang akan menyalakan sebuah timer 555 dengan konfigurasi monostable yang akan mengaktifkan alat untuk jeda waktu tertentu. Dalam waktu yang sama, output dari timer tersebut akan mengaktifkan timer monostable berikutnya dimana timer ini akan menghambat input dari sensor selama 20 menit. Input kedua merupakan push button yang akan menyalakan pompa selama ia ditekan tanpa mengimbau output dari sensor tanah. Kedua input tersebut dibandingkan menggunakan IC NOR Gate yang akan memberi ourput langsung ke sebuah MOSFET N-Channel yang mengendalikan sebuah relay yang membuka atau menutup rangkaian pompa.

Berikut adalah video untuk penelitian ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close