People Innovation Excellence

PENGALAMAN STUDY ABROAD MAHASISWA SISTEM KOMPUTER BINUS UNIVERSITY KE AUSTRALIA

Mahasiswa Sistem Komputer Binusian 2018

Rendy Kenan – 1801414510

Pengalaman study abroad di Queensland University of Technology (QUT) Australia yang saya telah lewati sangatlah membuka mata dan mengingatkan bahwa masih ada ikan yang jauh lebih besar di laut ini. Sehingga, kita harus berjuang dengan keras dan cerdas agar mampu berkompetisi dan hidup di dunia modern ini.

Pre Keberangkatan

Sebelum berangkat menuju negara tujuan exchange, lakukan riset terlebih dahulu mengenai mata kuliah dan kebudayaan yang ada di negara yang akan dikunjungi. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua mata kuliah dan jurusan ada di negara yang kita inginkan. Ada juga dimana jurusan yang kita inginkan tidak ada di negara tujuan kita, tetapi tersedia mata kuliah yang dapat diambil pada semester dimana kita melakukan study abroad.

Untuk mendapat informasi mengenai study abroad, International Office Binus University yang berada pada lantai 3 Binus Anggrek,  dapat dijadikan acuan dan tempat bertanya. Informasi dapat diunduh online pada website IO binus, atau di tempat yang beroperasi dari jam 13.00 – 17.00.

Ketika ingin mendaftarkan diri, siapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  • Passport terbaru
  • Mengisi lembar pendaftaran
  • English Proficiency tes seperti TOEFL atau IELTS maksimal 2 tahun terakhir
  • Pas Foto

Mengenai mata kuliah yang akan di ambil, perlu ditanyakan informasinya kepada Sekertaris Jurusan masing-masing. Mata kuliah perlu kita susun terlebih dahulu dari website universitas tujuan kita, yang kemudian akan diberikan kepada Sekretaris Jurusan. Jika semua sudah dilakukan, maka akan informasi akan diberitahu melalui e-mail bahwa kita sudah terdaftar dalam program study abroad.

Setelah mendapat e-mail, akan ada informasi mengenai interview oleh International Office (IO) pada jam yang telah ditentukan melalui RSVP. Interview ini dilakukan untuk melihat kelayakan dan kemampuan Bahasa inggris kita untuk melakukan program study abroad. Jika semua langkah dan instruksi sudah dilakukan, maka akan dikirimkan Letter of Acceptance yang digunakan untuk mendaftar visa pelajar melalui e-mail oleh IO terkait penerimaan kita pada universitas negara tujuan kita. Dengan adanya LoA, maka proses aplikasi visa akan berjalan dengan lancar dan cepat, waktu pengeluaran visa biasanya 14 hari kerja.

Study Abroad

Perkuliahan dimulai pada tanggal 20 Juli. Di QUT, mahasiswa harus mengambil kartu mahasiswa di Library. Kartu ini berfungsi sebagai access card kedalam ruangan, transaksi meminjam barang dan mengakses beberapa fitur di kampus.

Sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa diwaibkan untuk memilih jadwal kelas mereka di website QUT Blackboard, sebuah website yang sangat mudah digunakan dan sangat bagus. QUT akan mengirimkan email yang berisi metode memilih dan mendaftarkan diri ke kelas yang sangat komperhensif dan tersedia dalam berbagai bahasa.

Suasana kampus QUT sangatlah asri Kampus dipenuhi tanaman, bunga, dan juga hewan-hewan yang memiliki habitat di sekitar taman Garden’s Point. Merokok dilarang di area kampus yang sangat luas tersebut, sehingga mahasiswa dapat bernafas dengan lega di mana saja di area kampus QUT. QUT memiliki tiga kampus, di Garden’s Point, di Kelvin Grove, dan di Caboolture. Kampus yang saya gunakan hanyalah kampus Garden’s Point, meskipun saya juga sering mengunjungi kampus Kelvin Grove.

Di QUT, tidak memiliki sistem absensi mahasiswa, sehingga mahasiswa bebas memilih untuk mengikuti kelas atau tidak. QUT memiliki Echo360 system yang dapat diakses siswa untuk menonton ulang rekaman kelas dan perkuliaan. Fitur ini sangat berguna untuk membantu pelajaran dan mengejar ketinggalan. QUT juga terdaftar dalam website Orgsync. Website ini digunakan untuk mengumumkan acara yang diadakan oleh mahasiswa dan sebagai listing organisasi-organisasi mahasiswa yang berada di QUT. Pada hari pertama, siswa diberikan orientasi kampus, fitur yang dapat diakses dan website yang digunakan oleh QUT untuk membantu pelajaran mahasiswa .

Pembelajaran di kampus dimulai keesokan harinya. Perkuliahan di QUT tidak bersifat wajib untuk didatangi, sehingga mahasiswa dapat datang sesuai dengan keperluan mereka. Saya suka datang ke perkuliahan, karena QUT berada tepat di sebelah Garden’s Point dan Parliement House, sehingga perjalanan ke sana dapat ditempuh melalui taman yang penuh burung dan bunga. Lecturer di QUT sangat menghargai pertanyaan-pertanyaan kita dan sangat aktif meminta pendapat murid di kelasnya. Materi pembelajaran untuk kelas berikutnya selalu dikirimkan melalui QUT Blackboard, sehingga kita dapat mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk diajukan di kelas.

QUT menyediakan workshop yang disebut LaunchPad. LaunchPad menyediakan berbagai macam fasilitas untuk melakukan fabrikasi, seperti drill press, angle grinder, pemotong metal, 3D printing, laser cutting, dan lain lainnya. LaunchPad juga menyediakan material-material yang dapat kita gunakan yang mencakup kayu, metal, dan material sintetis. Untuk lab elektronik, ada di block lantai 9. Lab menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, seperti meja solder, microscope PCB dan berbagai instrument pengukuran seperti multimeter, oscilloscope, signal generator, power supply, dan lain lain yang bebas digunakan mahasiswa. Sama seperti LaunchPad, siswa diwajibkan untuk lulus quiz yang tersedia di QUT Blackboard dan lulus training lab agar dapat bekerja secara mandiri.

Komponen-komponen elektronik dapat diminta secara gratis tepat di depan lab elektronik. Kios penyedia komponen-komponen elektronik biasanya dijaga oleh dua orang. Di tempat ini, solder dan berbagai macam peralatan dapat dipinjam, seperti obeng, gunting, tang, lem, kabel, dan lain lain. Arduino dan berbagai macam microcontroller juga dapat dipinjam dari tempat ini. Semua peminjaman alat harus didata dengan kartu mahasiswa QUT. Penjaga tempat penyedia komponen elektronik akan mengescan barcode yang ada di kartu mahasiswa QUT, dan akan menginput alat yang dipinjam mahasiswa tersebut di computer. Dengan demikian, semua alat yang pernah dipinjam mahasiswa dapat dilihat dan dipantau.

Tugas-tugas yang diberikan oleh pengajar sangat berbeda dari sistem pembelajaran di Indonesia. Di QUT, selama hasilnya sesuai dengan parameter yang telah diberikan, maka project dinyatakan lulus dan berhasil. Oleh karena itu, project-project yang diberikan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Di mata pelajaran Machine Learning CAB420, project pertama yang diberikan adalah menggunakan logisctic regression untuk melakukan pengelompokan jenis-jenis bunga iris berdasarkan kelopaknya. Final project dari Machine Learning yang diajar oleh Prof. Mahsa Baktashmotlagh adalah pencarian person of interest berdasarkan email dari Enron corpus, kumpulan email dari perusahaan Enron Energies yang bangkrut karena praktik manipulasi pembukuan.

Pada mata pelajaran EGB220, Microcontroller Design and Application, siswa diberikan final project berkelompok untuk membuat robot line follower yang memiliki kemampuan untuk melambat jika mendeteksi merah, melakukan akselerasi kembali jika mendeteksi warna hijau, dan berhenti jika mendeteksi tiga garis putih. Pemberian final project ini dilakukan di awal perkuliahan, agar siswa dapat mengatur waktu dan sumber daya. Pada mata kuliah ini, pembelajaran laboratorium dilakukan hanya selama 8 minggu pertama. Dimana pembelajaran di lab merupakan pelajaran praktis penggunaan AVRdude, WINAVR, Sublime Text sebagai editor dan cara melakukan flashing pada microcontroller yang digunakan. Setelah 8 minggu pertama, pembelajaran dilakukan secara umpan balik dengan pembimbing yang ditetapkan. Pembimbing memiliki peran untuk menganjurkan perubahan, memberikan nasihat, dan memberikan solusi untuk menyelesaikan final project robot line follower.

Robot diwajibkan untuk selesai dan dapat di demonstrasikan pada minggu ke 13. Namun, pada minggu ke 5 dan ke 7, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan demosntrasi robot. Padda minggu ke 5, hanya kemampuan robot untuk berjalan maju yang dilihat. Pada minggu ke 7, robot sudah harus mampu melakukan tikungan dan mendeteksi marker yang ditempatkan sebagai penanda di track. Pada minggu ke 13, robot sudah harus memiliki fungsi penuh dan dapat menyelesaikan jalur sebanyak 3 putaran dibawah 5 menit.  Mahasiswa juga harus melakukan presentasi progress project mereka dan pilihan apa saja yang dipilih saat mendesain dan menyusun robot line follower.

Mata pelajaran selanjutnya yang memiliki project adalah EGB111, Engineering Design. Pada mata pelajaran ini, ditekankan untuk mendesain semua hal dengan sebuah fail safe, dimana kegagalan pada titik tersebut dapat mengurangi kerusakan yang ditimbulkan. Mata pelajaran ini mempelajari dan mengaplikasikan hukum newton, support parallelogram, support structure, stress and truss analysis dan material analysis. Final project yang diberikan adalah mendesain dan membuat suatu truss yang dapat memindahkan beban seberat 0.5 kg sejauh 30 cm. Truss juga harus gagal dan rusak jika beban yang diberikan adalah 1.5 kg. Truss juga harus memiliki sistem kendali elektronik. Sama seperti EGB220, pembelajaran di lab hanya dilakukan sampai minggu ke 8, dan sisanya mahasiswa dapat menggunakan lab untuk melakukan analisa struktur yang telah mereka buat. Final project ini bersifat kelompok.

Jika mahasiswa memiliki masalah dan memerlukan solusi, QUT menyediakan fasilitas HiQ, service desk QUT yang dilayani oleh mahasiswa QUT. HiQ memiliki pendekatan terhadap masalah yang unik, dimana masalah yang ringan dan minor ditangani oleh mahasiswa QUT, dan masalah yang agak berat dan major ditangani oleh senior staff member. Pendekatan ini memiliki hasil yang sangat baik, sehingga di HiQ, tidak pernah ada antrian mahasiswa yang ingin menyelesaikan atau menanyakan sesuatu. HiQ juga memiliki jalur korespondensi yang sangat fleksibel. HiQ dapat dihubungi lewat e-mail, dan balasan yang mereka berikan biasanya tidak melewati 1-2 jam. Hal ini sangat membantu, terutama bagi siswa yang ingin mengambil transkrip nilai mereka. Lokasi HiQ di QUT berada di Library. HiQ berada di Ground Floor Blok V, gedung perpustakan QUT.

Kembali ke Indonesia

Setelah menghabiskan waktu selama 5 bulan di Australia, mahasiswa dapat meminta perpanjangan dari QUT. Namun, karena kuota student exchange haruslah seimbang dari QUT maupun universitas asal. Sehingga, saat saya meminta perpanjangan student exchange, QUT menolak memberikannya, karena jumlah mahasiswa dari QUT yang belajar ke Indonesia jauh lebih sedikit dari jumlah mahasiswa dari Indonesia yang belajar ke Australia. Pembelian tiket sebaiknya 2-3 bulan sebelum keberangkatan, karena harga tiket pada masa masa itu adalah yang paling rendah. Biasanya pengisian KRS dan KRSS di Binus bertepatan pada tanggal kembalinya student exchange, sehingga pengisian KRS dan KRSS harus dilakukan di Australia agar tepat waktunya.

Sekian laporan Student Exchange dari saya yang merupakan kerja sama 3+1 Bina Nusantara University dengan Queensland University of Technology.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close