People Innovation Excellence

LAMPU JALAN BERBASISKAN PANEL SURYA MENGGUNAKAN TEKNIK MPPT

r1

Dewasa ini, energi yang dapat diperbaharui menjadi bahan penelitian yang dibutuhkan karena menipisnya persediaan energi yang tidak dapat diperbaharui. Panel surya atau sistem photovoltaic yang dapat mengambil energi dari cahaya matahari menjadi energy listrik. Sistem photovoltaic memiliki dua kendala, yaitu, efisiensi konversi oleh panel surya masih kecil (lebih kecil dari 17% pada saat kondisi penyinaran yang sedikit) dan daya yang dihasilkan oleh panel surya berubah-ubah bergantung kepada kondisi cuaca (penyinaran dan suhu). Untuk itu ingin diimplementasikan sebuah teknik Maximum Power Point Tracking (MPPT) dimana teknik ini akan mengambil daya maksimum dari panel surya tanpa bergantung pada kondisi penyinaran. Teknik MPPT ini menggunakan algoritma Perturb and Observe (P&O) kemudian diimplementasikan pada charge controller yang dibuat. Charge Controller berfungsi untuk memindahkan daya dari solar panel ke Batterai 12V. Salah satu hasil penelitian ini adalah perbandingkan penggunaan MPPT dengan tanpa MPPT (directly). Sistem ini mampu mendapatkan energi lebih tinggi 20,73% sedangkan penelitian sebelumnya hanya mampu mencapai 15,04%. Efisiensi LED driver dapat mencapai 91,9% dengan arus yang dapat dijaga konstan sebesar 1,05 ampere.

r2

Spesifikasi Charge Controller:

  • Mikrokontroler AVR ATTiny861A  digunakan sebagai pusat kontrol sistem.
  • Bahasa pemograman C digunakan sebagai perangkat lunak pada mikrokontroler ATTiny861A.
  • Menggunakan teknik MPPT.
  • Memiliki fitur overcharged protection.
  • Self consumption 1100mW.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close