People Innovation Excellence

Implementasi penginderaan kompresif pada myRIO

Darman

Abstrak

Penginderaan kompresif (Compressive Sensing) adalah sebuah metode dimana proses pengambilan tiap sampling atau akusisi dan kompresi atau pemampatan data dilakukan secara bersamaan. Sehingga proses akusisi data lebih cepat dikarena proses pengambilan data dengan jumlah yang lebih sedikit. Pada penelitian ini dilakukan simulasi pada Labview akan berupa citra asli yang akan melalui proses compressive sensing untuk mendapatkan kompresi blok. Sebelumnya akan dilakukan perkalian matriks antara sensing matiks dengan dictionary guna pencarian inkoheren, hasil tersebut kemudian dilakukan perkalian matriks dengan kompresi blok guna pencarian space. Matriks space akan dilakukan perkalian matriks dengan dictionary guna untuk hasil rekontuksi. Penggunaan sensing matriks yang beragam guna untuk membandingkan gambar asli dengan gambar rekontuksi, yang akan dipergunakan untuk perhitungan peak signal-to-noise ratio. Dari hasil percobaan, proses kompresi pada sensing matriks sebesar 12,5% dengan ukuran dimensi panjang dan lebar gambar lebih kecil dibandingkan dengan gambar aslinya. Kemudian pada tahap rekonstruksi, digunakan 10 gambar yang menggunakan 15 sensing matriks pada setiap gambarnya. Nilai terbaik peak signal-to-noise ratio terdapat pada 9 gambar menggunakan sensing matriks berukuran 60×64 dan 1 gambar menggunakan sensing matriks berukuran 64×64.

Kata Kunci

Penginderaan kompresif, Labview, Embedded system, Sensing matriks, Peak signal-to-noise ratio.

POSTER :

5


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close