People Innovation Excellence

IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC TERHADAP PENDETEKSIAN BENDA PADA MESIN ATM (AUTOMATIC TELLER MACHINE)

Arief Nur Pamungkas, Muhammad Egi Sumaverdy      

ABSTRAK

 

Kasus pencurian data kartu ATM marak terjadi ketika menggunakan mesin ATM, sehingga dibutuhkan alat yang mampu mencegah kasus pencurian tersebut. Tujuan penelitian ini membuat suatu alat yang mampu mendeteksi benda yang bersifat mengancam mesin ATM, sebagai contoh alat skimmer yang terpasang di bagian celah kartu mesin ATM. Sensor untuk mendeteksi benda menggunakan sensor phototransistor. Penelitian ini menggunakan enam sensor phototransistor, lima untuk mendeteksi benda dan satu untuk membaca cahaya lingkungan. Deteksi benda dilakukan dengan cara membandingkan nilai sensor pendeteksi dengan nilai sensor cahaya lingkungan. Dengan mengimplementasikan fuzzy logic benda yang terdeteksi dapat dinyatakan benda yang bersifat mengancam bagi mesin ATM atau bukan. Alat penelitian ini terhubung dengan komputer agar dapat menampilkan hasil pendeteksian sensor. Percobaan mendeteksi benda dilakukan di dalam ruangan dan di ruang terbuka dengan mengacu besar intensitas cahaya pada kedua ruangan tersebut. Dari hasil percobaan yang dilakukan menunjukan pendeteksian benda berjalan dengan baik apabila intensitas ruangan lebih besar dari 10 lux. (AE).

Kata kunci:  Mesin ATM, fuzzy logic, pendeteksian benda.

POSTER :

poster skripsi


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close