People Innovation Excellence

IMPLEMENTATION FOR 3D SCANNER USING PARSLEY TRIANGULATION BASED ALGORITHM

Fran Rinaldy, Vicky Darmadi, Valentino Alowisius Yoseph   

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengimplementasikan algoritma triangulasi dalam proses pemindaian objek 3D menggunakan software Parsley yang terdiri dari sistem sederhana, yaitu laser garis dan webcam. Laser garis akan disapukan secara vertikal terhadap objek. Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan adalah studi pustaka dan metode penelitian laboratorium. Objek yang dapat dipindai terbatas pada benda padat yang tidak transparan dimana pergerakan laser garis sangat mempengaruhi hasil pemindaian. Dari hasil penelitian proses pemindaian, laser garis akan dilengkapi perangkat penggerak, dimana penambahan ini memberikan hasil pemindaian yang lebih baik. Penelitian ini menemukan bahwa sistem tidak dapat melakukan pemindaian jika objek transparan dan latar belakang berwarna hitam. Repeatability akan berkurang pada objek dengan ukuran lebih kecil dan memiliki kelengkungan. Pemindaian berulang pada objek dengan permukaan datar menghasilkan rata-rata error sebesar 0,313% untuk objek berukuran lebih kecil dan 0,249% untuk objek berukuran lebih besar, sedangkan pemindaian pada objek dengan permukaan melengkung menghasilkan rata-rata error sebesar 0,327%. Pemindaian akan memberi hasil lebih baik pada intensitas cahaya yang lebih rendah, dimana pada 0-100 lux bentuk objek virtual masih mewakili objek asli. Pengukuran terhadap perbandingan dimensi objek asli dengan hasil pindai memiliki rata-rata error sebesar 0,926%. Pergerakan laser garis dengan sudut yang berbeda akan memberikan hasil point cloud yang lebih lengkap daripada pergerakan dengan satu sudut saja.

Kata kunci: la​s​er garis, objek, tiga dimensi, triangulasi, Parsley

Berikut adalah link Video untuk penelitian ini

POSTER :

13 - POSTER BERWARNA


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close