People Innovation Excellence

KONTROLLER MOTOR BLDC MENGGUNAKAN MICROCHIP

Abstrak

Seiring berkembangnya kemajuan dalam teknologi, Seperti di bidang informasi, dunia usaha dan alat transportasi motor listrik tidak terlepas dari bagian kemajuan teknologi tersebut. Motor listrik dikembangankan dan diaplikasikan dalam berbagai bidang. Salah satunya Misalnya mesinFoto Copy, dulunya menggunakan motor DC dengan brush (Brushed DC) dan motor Induksi AC. Sekarang ini seluruh mesin Foto Copy sudah menggunakan Motor BLDC.  Akan tetapi Motor BLDC pada mesin Foto Copy menggunakan IC khusus yang tidak dijual di pasaran dan rangkaiannya sangat rumit.

Motor DC memiliki efisiensi yang tinggi karena penggunaan tegangan DC pada rotor untuk mengerakan rotor tersebut. Efesiensi yang tinggi berbanding lurus dengan biaya perawatan yang tinggi karena menggunakan brush dalam komutasi motor DC.

Motor BLDC (Brushless DC) adalah Motor DC (listrik searah) tanpa Brush yang berfungsi untuk komutasinya, dan komutasinya digantikan oleh rangkaian elektronik. Hanya saja motor yang digunakan secara umum pada saat ini, yakni motor DC dan motor Induksi belum dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Motor DC memiliki efesiensi yang tinggi karena penggunaan tegangan DC pada rotor untuk menggerakan motor. (YL)

Kata kunci : Motor DC, Motor BLDC, Brush, efisiensi

Poster :

poster


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close