People Innovation Excellence

Simple Hand bot

Dibuat oleh :

  • Johan Yapson – 1801413464 (Mahasiswa Sistem Komputer Binus University Angkatan 2014)

Simple Hand Bot adalah sebuah protoype dari prosthetic  hand. Alat ini dikendalikan oleh microcontroller 8052 dengan bahasa pemrograman bahasa rakitan (Assembly Language). Untuk menggerakkan setiap jari dari robot tangan ini dibutuhkan 3 buah motor servo. 1 buah motor servo dipakai untuk menggerakkan 2 buah jari. Motor servo ini dikendalikan dengan sinyal PWM (Pulse-width modulation). Sinyal PWM ini dihasilkan oleh pin pin dari microcontroller. Robot ini akan mengikuti gerakan tangan penggunanya seperti gerakan menggengam, gerakan meluruskan jari, membuka dan menutup jari. Hal ini dimungkinkan karena adanya sensor sensor InfraredPhotodiode yang dipakai untuk membaca pergerakan jari. Sensor ini diletakkan pada sarung tangan sehingga jika ingin mengoperasikannya pengguna harus menggunakan sarung tangan.

Kedepannya diharapkan alat ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk menyediakan tangan buatan yang dapat dipakai untuk kaum difabel.

Berikut adalah video untuk penelitian ini.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close