People Innovation Excellence
 

KUNJUNGAN KE PT. SINAR SOSRO

KUNJUNGAN KE PT. SINAR SOSRO

Pada hari Selasa, tanggal 5 Desember 2017 jurusan Sistem Komputer dan Teknik Industri dari Fakultas Teknik Binus University mengadakan kegiatan Study Tour bagi mahasiswa Sistem Komputer dan Teknik Industri Binus University angkatan 2015, 2016, dan 2017. Tempat tujuan study tour kali ini adalah PT. Sinar Sosro Cakung yang berlokasi di Jalan Sultan Agung KM. 28, Kelurahan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat. Sama seperti study tour yang pernah dilakukan sebelumnya, tujuan study tour ini adalah untuk mengamati, mempelajari, dan mengetahui hubungan ilmu yang didapat di kuliah dengan pekerjaan yang tengah diamati.

Sinar Sosro adalah perusahaan minuman yang telah berdiri sejak tahun 1974, dan telah menjadi pelopor minuman teh dalam kemasan di Indonesia dan di dunia, yaitu dengan produknya yang paling terkenal yaitu Tehbotol. Selain produk tersebut, PT. Sinar Sosro juga memproduksi produk-produk minuman lain seperti Fruit Tea, S-Tee, Joy Tea, Prim-a, Tebs, dan Country Choice.

Pada pukul 7.20 pagi para mahasiswa berangkat dari Kampus Anggrek Binus University menuju PT. Sinar Sosro Cakung menggunakan bus. Sekitar jam 8.40 para mahasiswa sampai di PT. Sinar Sosro Cakung, dan segera meninggalkan bus untuk berkumpul di dalam gedung. Para mahasiswa dipersilahkan naik ke lantai 2 untuk mengkonsumsi produk minuman PT. Sinar Sosro yaitu Tehbotol dan Fruit Tea dan welcome snack yang disajikan sambil melihat-lihat dinding-dinding yang dihiasi memorabilia dan tulisan-tulisan mengenai sejarah PT. Sinar Sosro.

Para mahasiswa dipersilahkan untuk masuk ke ruang presentasi untuk mendapatkan kata sambutan dari perwakilan-perwakilan divisi marketing PT. Sinar Sosro dan mempresentasikan secara lebih mendetail mengenai profil perusahaan dan sejarah produk dan perusahaan PT. Sinar Sosro yang bermula dari Slawi dengan produknya yaitu Teh Cap Botol, lalu hijrah ke Jakarta, teknik pembuatan dan transportasi teh yang gagal, hingga tidak sengaja menemukan cara yang waktu itu terbilang unik untuk mengemas produk teh, yaitu dalam botol-botol, yang menjadi awal mula konsepsi produk Tehbotol. Selain itu juga diberikan video mengenai proses pembuatan dan pengemasan produk-produk teh PT. Sinar Sosro yang dibuat tanpa pengawet dan pewarna buatan.

Lalu para mahasiswa dipandu oleh perwakilan divisi marketing untuk tour keliling mengamati proses pencucian botol, pembuatan teh, pencampuran teh, sterilisasi, pengemasan, inkubasi dan pengolahan limbah sisa teh di dalam pabrik PT. Sinar Sosro. Para mahasiswa diwajibkan menggunakan topi yang telah disediakan untuk melindungi kepala dan telinga dari lingkungan pabrik. Setelah mengamati pabrik, para mahasiswa dipandu kembali ke lantai 2 untuk makan siang, yang disediakan oleh pihak PT. Sinar Sosro.

Para mahasiswa dipandu untuk kembali masuk ke ruangan presentasi untuk mendengarkan perwakilan divisi Riset dan Pengembangan PT. Sinar Sosro dalam mengolah dan mengembangkan produk-produk sehingga disukai konsumen dengan langkah-langkah dan penerapan teknologi yang tepat. Setelah presentasi selesai, diadakan sesi tanya-jawab. Para mahasiswa pun dengan kritis memberikan pertanyaan kepada pembicara mengenai proses pembuatan teh, dengan setiap pertanyaan direspon dengan baik oleh pembicara.

Sebelum dimulai sesi selanjutnya, perwakilan-perwakilan PT. Sinar Sosro mengajak para mahasiswa untuk bermain suatu permainan yang bernama “Mencari Harta Karun”, dimana suatu kelompok berbaris menunggu giliran untuk menebak kemana arah yang harus diambil untuk mencapai harta karun tersebut. Permainan tersebut diadakan untuk menyegarkan fisik dan pikiran para mahasiswa untuk menyiapkan konsentrasi mereka untuk sesi selanjutnya. Dan benar saja, para mahasiswa terlihat ceria setelah bermain.

Sesi terakhir adalah Filosofi Teh, dimana para mahasiswa disuguhkan dengan informasi sejarah teh, bagaimana teh menjadi simbol keakraban dan alat pengerat hubungan, khasiat dan manfaat teh, makna teh di manca negara dan tata krama minum teh a la orang Indonesia. Pada sesi ini para mahasiswa diajarkan untuk menyeduh teh dengan benar, yaitu tidak terburu-buru, menggoyangkan secara perlahan cangkir teh sehingga gula batu dapat larut dalam teh, yang dihubungkan dengan filosofi realita hidup. Para mahasiswa terlihat antusias mempraktikkan teknik yang baru saja mereka pelajari tersebut dengan cangkir-cangkir yang mereka pegang.

Pada pukul 16.00, kunjungan diakhiri dengan penyerahan Token of Appreciation dari Binus University dan juga dari PT. Sinar Sosro. Para mahasiswa dipersilahkan pulang, dan bergegas menuju bus masing-masing untuk pulang dengan hati yang gembira berbekal pengetahuan yang telah diperoleh dalam kunjungan kali ini. Pukul 17.50 para mahasiswa sampai di kampus Anggrek untuk melanjutkan aktivitas mereka masing-masing.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close