CIDU – Computer engineering Innovation Development Unit

 

CIDU adalah lembaga Research and Development yang berada dibawah jurusan Sistem Komputer Universitas Bina Nusantara yang dibentuk  sejak tahun 2005. CIDU merupakan gabungan dari 2 klub yang bernama Bengkel untuk mahasiswa semester 5 keatas dan Hardware Club untuk mahasiswa semester 1 – 4 .

CIDU memiliki visi menjadi pelopor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komputer, terutama di bidang perangkat keras (hardware). Kegiatan tahunan CIDU adalah menyelenggarakan kelas-kelas yang menunjang pengembangan dan penerapan teknologi komputer, materi yang diajarkan merupakan ilmu yang tidak didapat melalui kelas kuliah reguler, seperti pengenalan komponen, teknik solder, konversi bilangan, project bread board, altium designer, pembuatan PCB. Kepada mahasiswa tingkat lanjut  ilmu pengajaran yang dilakukan berisi materi seperti pengenalan mikrokontroller dan programming skill.

CIDU juga mengadakan kompetisi robot tahunan yang bernama CERC (Computer Engineering Robotics Competition) yang merupakan ajang perlombaan pada mahasiswa Computer Engineering untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam lingkungan Universitas Bina Nusantara, CERC ini merupakan salah satu babak kualifikasi untuk memilih mahasiswa yang dapat mengikuti lomba nasional seperti Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Ganesha Line Following Robot (Galelobot) serta lomba-lomba lainnya. Ruangan CIDU bertempat di Universitas Bina Nusantara Kampus Syahdan.