SIMULASI PERAMBATAN PULSA-GAUSSIAN DI DALAM NONLINEAR FIBER OPTIK

Pengarang : Endra,S.Kom.,MT
Tahun :2007

Nonlinear fiber optik adalah respon dari fiber optik terhadap medan elektromagnetik yang kuat, dimana sifat nonlinear yaitu stimulated scattering dan optical Kerr effect akan muncul. Perambatan pulsa optik di dalam nonlinear fiber optik dapat dimodelkan dengan menggunakan Nonlinear Schrödinger Equation (NSE). Bentuk pulsa-Gaussian banyak dipakai dalam simulasi sebab pada komunikasi fiber optik, pulsa optik yang dibangkitkan oleh sumber cahaya seperti LED dan LD memiliki bentuk menghampiri pulsa-Gaussian
Dalam penelitian ini dilakukan simulasi komputer untuk mempelajari perambatan dan interaksi pulsa-Gaussian di dalam nonlinear fiber optik, yang sebelumnya dilakukan pre-chirping terlebih dahulu. Simulasi dilakukan dengan cara menyelesaikan NSE secara numerik menggunakan Symmetrized Split Step Fourier Method (SSSFM).
Solusi NSE menggunakan SSSFM akurasinya diuji dengan membandingkannya terhadap solusi eksak dari NSE. Hasil perbandingan menunjukan SSSFM memberikan hasil yang sangat akurat dalam menyelesaikan NSE, dimana Normalized Square Deviation (NSD)-nya sangat kecil (dalam orde -8 sampai -9) dibandingkan dengan solusi eksak NSE. Loss pada fiber dikompensasi dengan dilakukan penguatan secara periodik dan metode pre-emphasis.
Dari hasil-hasil dan evaluasi yang diperoleh maka dapat didapatkan bahwa efek pre-chirping menimbulkan efek merugikan bagi perambatan dan interaksi pulsa-Gaussian di dalam nonlinear fiber optik. Sehingga untuk menghasilkan sistem komunikasi fiber optik yang baik maka pulsa-Gaussian input sebaiknya bebas chirp, atau memiliki nilai chirp yang rendah dan bernilai positif.

Kata kunci : Nonlinear fiber optik, Nonlinear Schrödinger Equation, pulsa-Gaussian, Symmetrized Split Step Fourier Method

Download : SIMULASI PERAMBATAN PULSA-GAUSSIAN DI DALAM NONLINEAR FIBER OPTIK