TEKNIK QUADRATURE AMPLITUDE MODULATION (QAM) UNTUK PENGIRIMAN DATA MELALUI FREKUENSI VOICE BAND

Pengarang : Endra, S.Kom.,MT
Tahun :2007
Abstrak
Teknik pengiriman data melalui frekuensi voice band merupakan teknik yang digunakan pada modem konvensional (modem voice band). Frekuensi voice band adalah frekuensi normal dari suara manusia yaitu dari 300 – 3000 Hz. Frekuensi ini merupakan frekuensi yang digunakan pada saluran telepon biasa.
Alasan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengikuti perkembangan teknologi komputer dan jaringan yang berkembang pesat saat ini. Adapun tujuan penelitian adalah melakukan simulasi pengiriman data dengan frekuensi voice band menggunakan teknik Quadrature Amplitude Modulation (QAM) dengan prosesor sinyal digital.
Metodologi yang digunakan dalam simulasi pengiriman data ini meliputi perancangan pemancar dengan modulator QAM, perancangan penerima dengan carrier dan symbol clock synchronizer, demodulator QAM, serta pembuatan program untuk komputer pengirim data dan komputer penerima data. Selain itu ditambahkan pula root raised cosine pulse shaper pada pemancar dan penerima untuk mengurangi intersymbol interference (ISI) serta adaptive equalizer pada penerima untuk menghilangkan noise dan ISI yang terjadi. Saluran transmisi disimulasikan dengan menggunakan filter lolos rendah Butterworth dan random noise generator dengan tegangan rata-rata 0,3 V. Hasil yang didapatkan adalah sistem dapat mengirimkan simbol-simbol yang digunakan pada sistem dengan cukup baik. Sistem dapat dikembangkan lebih lanjut untuk pengiriman data yang lebih kompleks dengan memperbaiki beberapa bagian dari sistem khususnya clock recovery serta dengan menambahkan teknik error correction.

Download : TEKNIK QUADRATURE AMPLITUDE MODULATION (QAM) UNTUK PENGIRIMAN DATA MELALUI FREKUENSI VOICE BAND