Untouchable Light

Dibuat Oleh :

Christian – 1901466143
Wiranata – 1901460221

Sensor ping berjumlah 4 ditaruh di empat sisi kepala lampu, yaitu kiri, kanan, atas, dan bawah. Arduino akan memberikan trigger ke sensor ping dengan sinyal 10us, lalu sensor ping mengirimkan sinyal dan sinyal ultrasonik tersebut akan terpantul dan masuk kedalam pin echo dari sensor ping yang kita hubungkan dengan arduino. Arduino akan menghitung waktu balik sinyal dari mulai memberi trigger, sampai mendapat sinyal kembali dari pin echo. Dengan adanya data waktu dan kecepatan suara, kita dapat menghitung jarak benda, namun jangan lupa dibagi 2 karena waktu yang diterima adalah waktu bolak balik sinyal tersebut. Semua proses ini terjadi di dalam arduino dengan coding yang akan dilampirkan pada halaman berikutnya. Arduino akan memberi sinyal PWM ke servo motor yang diinginkan sesuai dengan code berdasarkan sensor pingnya.

Pada saat sistem dinyalakan, LED atau lampu yang kami gunakan akan menyala. Sensor ping satu akan mengirimkan sinyal ultrasonik dan memeriksa jarak benda yang ada didepannya dengan jarak dibawah 10cm maka akan bernilai logik 1. Begitu pula dengan sensor ping dua, tiga, dan empat. Lalu, jika respon sensor ping 1 dan 2 memiliki nilai 1, maka arduino akan menggerakkan servo x ke 90 derajat, dan servo y ke 0 derajat. Ini merupakan posisi awal lampu bila dalam kondisi mati. Lalu siklus akan selesai, memulai siklus selanjutnya. Namun, bila kondisi tidak terpenuhi maka akan mengecek kondisi selanjutnya, yaitu apakah ada respon logik 1 pada ping 3 dan 4, bila iya maka servo x akan bergerak ke 90 derajat dan servo y akan ke 45 derajat, ini merupakan posisi tengah, dan siklus akan berakhir pula. Namun, bila tidak terpenuhi juga maka akan memeriksa apakah respon dari ping 1 memberikan logik 1, bila iya maka akan menggerakan servo y ke atas, dan siklus akan berakhir. Begitu pula dengan hasil dari respon ping 2, 3, dan 4.

LED disusun secara seri dengan supply dari driver khusus LED, yang merupakan driver dengan arus kosntan sebesar 300mA. Driver mampu memberi supply hingga 25v, namun tidak disarankan melebihi 12v. Karena disusun seri maka arusnya akan sama semua pada LED yaitu 300mA, dan tegangan sebesar 3,6v-3,8v pada masing-masing LED, sehingga tegangan totalnya sebesar 10,8v-11,4v.

Berikut adalah video untuk penelitian ini.