Lemari dan Kulkas Pintar Karya Dosen dan Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer Binus University

Seringkali kita dibuat kebingungan untuk membuat olahan masakan karena keterbatasan bahan makanan atau bahkan karena bahan makanan yang tersedia membuat kita bingung untuk membuat masakan apa. Namun kini kamu tidak perlu khawatir, karena sekelompok mahasiswa kreatif dan inovatif dari Binus University berhasil membuat sebuah lemari dan kulkas pintar sehingga kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk membuat olahan masakan.

Tim yang terdiri dari Rinda Hedwig, Lukas Budiman, Janitra Avila, Chandra Manuel dan Lorenzo Niro, telah berhasil membuat sebuah inovasi baru yang yaitu sebuah lemari penyimpan pintar yang dapat berkomunikasi dengan kulkas pintar sehingga dapat memberitahukan ketersediaan bahan makanan serta menampilkan resep-resep dari masakan yang dapat dibuat dari bahan makanan yang tersedia, canggih ya? Berikut adalah hasil wawancara Teknologi.id dengan perwakilan tim mengenai detail alatnya.

Lemari penyimpanan pintar ini dibuat agar mampu mengetahui ketersediaan bahan pangan didalamnya sampai dengan satuan berat dari setiap bahan pangan yang tersedia tersebut. Hal ini memungkinkan informasi ketersediaan yang dimuat pada lemari penyimpanan menjadi lebih spesifik, hal ini dibutuhkan karena lemari penyimpanan digunakan untuk menyimpan bahan-bahan masakan seperti garam, gula, ketumbar dan lainnya.

Informasi spesifik itu diperlukan agar ketika memberikan resep pilihan, lemari penyimpanan pintar dapat memberikan informasi resep yang sesuai dengan ketersediaan. Kemudian informasi bahan pangan pada lemari penyimpanan akan ditampilkan pada layar LCD & dikirimkan pada smartphone pengguna.

Sedangkan kulkas pintar ini dilengkapi dengan modul-modul sensor yang difungsikan untuk mengetahui ketersediaan bahan makanan didalamnya. Apabila bahan makanan didalam kulkas ada yang habis, lampu LED yang terletak diatas kulkas akan menyala. Selain itu, informasi mengenai ketersediaan bahan makanan yang telah menipis akan diteruskan pada smartphone pengguna melalui aplikasi yang dirancang untuk memungkinkan pengguna segera mengirimkan pesan SMS pada supplier bahan makanan.

Jadi, sekarang kamu tidak usah kebingungan lagi untuk membuat olahan makanan, karena kulkas pintar dan lemari penyimpanan pintar ini dapat saling berkomunikasi terkait informasi ketersediaan bahan makanan, sehingga melalui informasi tersebut LCD yang terdapat di lemari penyimpanan dapat memberikan resep-resep pilihan sesuai ketersediaan.

Berniat untuk punya?

Sumber : Teknologi ID