Computer Engineering Goes to Advantech AIoT Co-Creation 2019

Apa itu Internet of Things?

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep dimana sebuah objek dapat terhubung dengan objek lain menggunakan Internet tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Objek tersebut dapat berupa kulkas, smartphone, lampu, mesin cuci dan sebagainya yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Apa dampak IoT terhadap hidup kita?

IoT dapat berdampak sangat baik dalam hidup kita. Dengan adanya konsep ini akan memberi inovasi untuk para “Computer Engineer” untuk menciptakan berbagai inovasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Inovasi terbaru yang dapat dinikmati masyarakat antara lain konsep TV pintar, perabotan rumah seperti AC, kulkas dan kasur yang bisa disambungkan dengan internet.

Pada tanggal 15 Mei 2019, Jurusan Computer Engineering Universitas Bina Nusantara berkesempatan untuk mengikuti pameran yang diadakan oleh Advantech Indonesia yang bertempat di JW Marriott Hotel Jakarta untuk memamerkan dan menunjukkan salah satu karya IoT yang diciptakan oleh pihak Computer Engineering Laboratory yaitu “Smart Bulb”, “Smart Bed” dan “IoT Plant”

Keunggulan alat-alat ini adalah:

  1. Memiliki user experience yang sangat mudah dimengerti oleh orang awam.
  2. Terhubung dengan Cloud secara Real Time
  3. Mempunyai fitur Sensor yang sangat lengkap, meliputi temperatur, kelembapan dan intensitas cahaya lampu
  4. Dapat dikendalikan melalui Smartphone Android maupun IOS.

Pada pameran ini juga dihadiri oleh pihak industri-industri yang sedang bergerak ke arah IoT.

Berikut adalah dokumentasi pameran Advantech AIoT Co-Creation 2019: