Reed switch atau yang biasa dikenal dengan saklar buluh adalah sensor elektrik yang dioperasikan dengan memanfaatkan medan magnet sebagai pengubah kondisinya.

Reed switch biasa terdiri atas dua buluh feromagnetik datar yang disegel dalam atmosfer lembam di dalam kapsul kaca. Terdapat 2 tipe reed switch yaitu NO (Normally Open) dan NC (Normally Close).

Normally Open

Normally Open adalah tipe reed switch yang kedua buluhnya didesain terpisah dalam kapsul kaca. Tipe NO ini biasa bekerja seperti saklar terbuka saat tidak ada magnet didekatnya dan akan bekerja seperti saklar tertutup saat ada magnet disekitarnya. Bila tipe reed switch ini didekatkan dengan magnet, kedua buluh reed switch akan saling tarik menarik dan menyatu. Oleh karena itu, arus dapat mengalir melaluinya dan sirkuit dapat bekerja.

Normally Close

Normally Close adalah tipe reed switch yang bekerja berlawanan dengan tipe Normally Open. Tipe NC ini biasa bekerja seperti saklar tertutup saat tidak ada magnet didekatnya dan akan bekerja seperti saklar terbuka saat ada magnet disekitarnya. Kedua buluh didalam kapsul kaca tipe NC biasanya didesain menyatu sehingga saat didekatkan dengan magnet maka kedua buluh reed switch akan terpisah. Karena kedua buluh terpisah, maka arus tidak akan dapat mengalir dan sirkuit tidak dapat bekerja.

Aplikasi Reed switch

Karena memiliki cara kerja seperti ini, reed switch umumnya banyak digunakan pada alat-alat elektronik, contohnya seperti kulkas. Pada kulkas, reed switch akan digunakan sebagai pendeteksi apakah pintu kulkas terbuka atau tertutup. Bila pintu kulkas tertutup, berarti magnet di kusen pintu akan digerakkan mendekati sakelar buluh reed switch dan memaksa buluh reed switch untuk terpisah dari satu sama lain sehingga lampu didalam kulkas akan mati. Bila pintu kulkas tertutup, berarti magnet akan berada jauh dari reed switch sehingga kedua buluh reed switch akan balik ke posisi semula yaitu menyatu satu sama lain yang akan menyebabkan lampu kulkas tetap hidup. Ini merupakan contoh aplikasi dari reed switch tipe NC.

Selain kulkas, reed switch juga banyak digunakan pada alat-alat seperti PABX, mesin fotokopi, mesin cuci, kamera, lemari steril, pintu, jendela magnetik, relay elektromagnetik, timbangan elektronik, penghitung, meteran gas, meteran air dan lain-lain.

Referensi: 

https://www.explainthatstuff.com/howreedswitcheswork.html

https://www.first4magnets.com/blog/what-is-a-reed-switch-and-which-magnets-operate- them/#:~:text=Modern%20refrigerators%20use%20reed%20switches,apart%2C%20turning%20the%20light%20off.

https://sariteknologi.com/product/reed-switch-sensor/