2-3 Juli 2024, Computer Engineering BINUS meluncurkan Perpustakaan Digital (PusGita) di Kedungsari, Kabupaten Mojokerto dan di Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Bajang. Inovasi dan perkembangan teknologi memberikan langkah yang signifikan terhadap kemajuan literasi dan pendidikan. Melalui Program Perpustakaan Digital PusGita BINUS, Universitas Bina Nusantara memberikan 10 unit PusGita sebagai media untuk meningkatkan literasi pembelajaran masyarakat setempat.

PusGita merupakan hasil penelitian dari jurusan Sistem Komputer Universitas Bina Nusantara yang bekerja sama dengan Museum Gubug Wayang. Hadirnya PusGita ini bertujuan membantu menambah wawasan para pelajar dan menumbuhkan minat membaca mereka. Ada sekitar 4000-7000 konten berupa video.

“Dengan adanya Perpustakaan Digital, mudah-mudahan desa kami di bidang pendidikan akan semakin maju dan pesat, khususnya bagi anak-anak yang bersekolah.” Ungkap Bapak Hermawan selaku Kepala Desa Kedungsari, Mojokerto. Respon positif juga diberikan oleh warga setempat, terutama anak-anak sekolah yang merasa senang dan bahagia dengan hadirnya PusGita. Mereka menambahkan bahwa PusGita ini menjadi pengalaman baru yang sangat berharga bagi mereka.

 

Senada dengan hal tersebut, Ibu Ninik Setyowati, Kepala Desa Bajang, Ponorogo mengungkapkan harapannya agar PusGita ini dapat menumbuhkan minat baca yang baik di kalangan generasi muda desa Bajang. “Dengan adanya bantuan Perpustakaan Digital dari BINUS, kami berharap bahwa generasi muda di desa Bajang yang nantinya menggantikan kami, mempunyai keinginan membaca yang baik.”

Program PusGita sendiri juga merupakan perwujudan dari visi dan misi BINUS yang memiliki prinsip yaitu peran serta terhadap kepentingan khalayak umum yang berfokus pada inovasi.

Dengan menyediakan akses ke sumber daya digital, BINUS berupaya membina dan memberdayakan Masyarakat untuk meningkatkan minat baca serta membantu mereka dalam mengembangkan potensi generasi muda. Kepala desa dari kedua desa tersebut mengungkapkan rasa terima kasih dan harapan mereka bahwa program ini akan menumbuhkan minat baca dan meningkatkan kualitas pendidikan di desa mereka.